13 Destinasi Wisata Travel di Banten Indonesia

Selama ini ketika membahas mengenai Banten, pasti hal pertama yang langsung terlintas dalam ingatan pastinya adalah Anyer . Namun tahukah kamu jika di provinsi paling barat Jawa ini sebenarnya masih menyimpan pesona instagramable yang pastinya akan membuatmu lebih berdecak kagum dibanding pesona Pantai Anyer.
Berikut ini 17 wisata kekinian yang sedang hits di Banten dan wajib untuk masuk dalam daftar destinasi wisata di liburanmu kali ini.

  1. Bukit Pelayangan
bukitpelayangan_ryanggaari

@ryanggaari

Meskipun lokasinya jauh di pinggiran kota, namun Bukit Pelayangan memang kekinian hingga diminati oleh banyak pelancong. Rasa lelah setelah menempuh perjalanan panjang bisa terobati setelah kamu menyaksikan pemandangan hijau nan menyejukkan mata. Pemandangan semakin eksotis ketika malam hari. Karena di depan matamu hanya terlihat titik-titik lampu kota.

  1. Pantai Tanjung Layar

Harga tiket: Rp 5.000
Jam buka: 24 jam
Lokasi: Kecamatan Bayah, sekitar 4 Km dari Kampung Cikaung

pantaitanjunglayar_huzda02

@huzda02

Menikmati suasana pantai indah nan tenang, melihat deburan ombak yang saling beradu dapat menjadi pengobat penat ruinitas sehari-hari. Bukan hanya itu, pesona pantai di Bayah ini akan semakin mempesona ketika senja tiba. Mengabadikan foto sunset akan menjadi aktivitas paling favorit di Pantai Tanjung Layar.

  1. Pulo Tunda

Harga tiket: Rp 15.000 dewasa/ Rp 10.000 perlajar (biaya sewa KMP Tunda untuk menuju ke Pulau Tunda)
Jam buka: –
Lokasi: Laut Jawa, Sebeah utara Teluk Banten

FadlyAzhriansyah

FadlyAzhriansyah

Bukan hanya bisa menyaksikan keindahan pantainya saja, namun berada di Pulo Tunda kamu juga bisa melihat megahnya anak Gunung Krakatau. Selain itu, terdapat banyak spot memancing yang menjadi favorit para pengunjung. Namun untuk bisa menikmati semua keindahan Pulau Tunda kamu harus sabar menunggu KPM Tunda berangkat dari Pelabuhan Karang Hantu pukul 13:00 WIB dan akan kembali pada pukul 07:00 WIB.

  1. Curug Bumi

Lokasi: Padarincang, Serang – Banten

@zaenimustova

@zaenimustova

Melompat dari ketinggian, menceburkan diri ke dalam dinginnya air Curug Bumi atau Curug Leuwi Bumi pasti akan menjadi pengalaman mengesankan di liburanmu kali ini. Terlebih untuk bisa sampai kesini dibutuhkan perjuangan ekstra menempuh akses jalan yang tidak biasa.

  1. Sempu Banten Girang

Lokasi: Desa Sempu, Serang – Banten

@likayulia87

@likayulia87

Banten Girang merupakan tempat yang terletak sekitar 10 Km di bagian selatan Pelabuhan Banten. Disini terdapat situs purbakala yang merupaka peninggalan dari Kerajaan Sunda (932 – 1030 M).

  1. Batulawang

Biaya parkir: Rp 5.000 (motor) & Rp 10.000 (mobil)
Jam buka: 09:00 – 14:00 WIB
Lokasi: Desa Gerem, Kecamatan Grogol, Cilegon

AlviarMulyati

AlviarMulyati

Berada di puncak bukit Batulawang dengan bongkahan batu besar menyerupai gapura atau pintu (lawang) membuatmu menemukan segarnya udara berteman hijau pemandangan Banten. Meskipun memang berada tidak jauh dari hiruk pikuk pelabuhan. Disini kamu juga bisa melihat kapal-kapal ferry merapat ke dermaga.

  1. Pantai Peucang

Lokasi: Pulau Peucang, Kabupaten Pandeglang, Banten

@RhinoAdventure

@RhinoAdventure

Berenang di sepanjang pantai yang begitu bening akan membuatmu merasa puas dan lupa akan rasa penatnya rutinitas yang sempat menghantui. Ini merupakan pantai impian dengan kilauan pasir putih, ditambah lagi pantai dan air lautnya yang bersih tanpa polusi akan membuatmu tak berhenti berdecak kagum.

  1. Gapura Kaibon

Harga tiket: –
Jam buka: 24 jam
Lokasi: Kampung Kroya, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen

@efriliarizqi

@efriliarizqi

Gapura Kaibon merupakan pintu gerbang dari istana Kaibon (dihancurkan Belanda pada 1832). Terdapat 5 gerbang yang menyerupai gapura dengan 5 pintu. Konon jumlah gerbang tersebut disesuaikan dengan jumlah shalat yang dilaksanakan umat muslim dalam 1 hari. Semua gerbang yang ada bergaya Jawa dan Bali dengan ketinggian 2 meter bermotif Candi Bentar. Situs cagar budaya ini akan menjadi background apik dalam fotomu sekaligus mempelajari sejarah yang telah lama terlupakan oleh generasi muda.

  1. Curug Tomo

Lokasi: Desa Cidahu, Pandarincang, Kabupaten Serang – Banten

@ady_nugroho

@ady_nugroho

Curug Tomo atau Curug Leuwi Tomo memiliki air terjun yang ketinggiannya mencapai 5 meter. Air yang ada di curug ini cukup jernih sehingga cocok digunakan berenang atau bermain air, di sekitar curug juga terhampar pemandangan indah dan asri. Bahkan sekitarnya cukup bersih dikatenakan belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya.

  1. Danau Cigaru, Cisoka, Tangerang

Harga tiket: Rp 2.000 (weekday), Rp 3.000 (weekend) + Rp 2.000 parkir
Lokasi: Kampung Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang – Banten

@reddylife

@reddylife

Danau Cigaru, Cisoka, Tangerang sebenarnya merupakan bekas galian pasir yang kemudian di dalamnya tergenang air. Kawasan ini menjadi populer karena fenomena airnya yang berubah-ubah (ketika pagi biru dan siang hijau) yang sangat indah dan konon dipercaya oleh pengunjung bisa menyembuhkan penyakit.

  1. Curug Gendang

Harga tiket: Rp 2.500
Jam buka: 24 jam
Lokasi: Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten

@yovie_effendi

@yovie_effendi

Curug yang cukup menawan ini memiliki ketinggian 7 meter dengan luas 10 meter dan dalam dari genangan curug mencapai 13 meter. Banyak wisatawan yang memangfaatkan segarnya air di Curug Gendang untuk berenang atau sebatas bermain air maupun berfoto-foto di sekitar air terjun. Kamu juga bisa berkemah di area air terjun dengan membayar biaya tambahan berkisar mulai Rp 3.000 – Rp 10.000.

  1. Pulau Liwungan

Lokasi: Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten

@instabanten

@instabanten

Pulau Liwungan terkenal memiliki pantai dengan pasir putih, meskipun demikian sisi dengan batu berkarang memang lebih banyak. Di beberapa sisi akan terlihat penampungan tambang batu bara yang mungkin akan sedikit menganggu pemandangan. Trekking pantai, berfoto-foto maupun menjelajah hutan yang asri akan menjadi momen istimewa di liburanmu kali ini.

  1. Curug Cigumawang

Harga tiket: Rp 2.500 + Rp 3.000 (parkir)
Jam buka: 24 jam
Lokasi: Desa Kadu Pereum, Kecamatan Pandarincang, Serang – Banten

@melaaaak

@melaaaak

Di lokasi Curug Cigumawang seringkali dimanfaatkan untuk melaksanakan aktivitas semacam panjat tebing, outbound dan juga camping. Jadi, selama berkunjung ke Curug Cigumawang kamu bukan hanya bisa berfoto atau bermain air. Tapi menikmati udara segar di alam yang mayoritas masih asri dengan berkemah akan memberikan kesan tersendiri.
Jadi, mana yang mau kamu kunjungi?
Jangan lupa tetap menjaga keindahan alamnya yah, jangan sampai rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *