Inilah Wisata Alam dan Tempat Rekreasi di Tangerang yang Wajib Dikunjungi



Kota Tangerang merupakan ibukota Provinsi Banten yang berada di Tatar Pasundan, Banten, Indonesia.


Kota ini termasuk salah satu kota terbesar sekaligus jantung perekonomian di Indonesia terutama pada bidang industri dan jasa.



Selain itu, kota yang berada di sebelah barat kota Jakarta ini juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Tangerang Selatan pada sebelah utara dan barat dan provinsi DKI Jakarta pada sebelah timur dan berbatasan. Kota Tangerang terdiri dari tiga belas kecamatan yang dihuni oleh penduduk yang mayoritas keturunan Tionghoa – Benteng.



Kota Tangerang tercatat sebagai kota industri besar dan satelit di Indonesia karena tercatat ada sekitar seribu pabrik atau perusahaan yang didirikan di kota ini. Tak pelak jika tempat wisata alam yang dekat dari Jakarta, terdekat adalah di Tangerang. Di dominasi oleh wisata modern seperti pusat-pusat perbelanjaan dari kelas menengah sampai atas.

by instagram @dodisetiawan27




Namun, wisata Tangerang tidak hanya berpusat pada perbelanjaan elit yang tersebar di seluruh penjuru kota saja. Ada juga tempat wisata di Kota Tangerang yang menyuguhkan wisata alam, kuliner, air, sejarah, religi hingga edukatif untuk penduduk Tangerang dan sekitarnya. Berikut daftar lengkap wisata tangerang yang tempatwisataindonesia.id ulas dan bisa dijadikan referensi ketika anda berkunjung ke Tangerang.
Masjid Raya Al Azhom

by instagram @maiia_putri




Masjid Raya Al Azhom menjadi salah satu destinasi wisata Kota Tangerang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Masjid yang dinobatkan sebagai masjid terbesar dan termegah di Kota Tangerang ini memiliki desain yang unik dan tidak ditemukan di masjid-masjid lain karena memiliki ciri khas tersendiri. Masjid Raya Al Azhom memiliki tiga jenis kubah yang unik dan terdiri dari lima kubah berwarna biru yang disusun secara bertumpuk. Empat kubah yang menjadi penyangga serta satu kubah utama yang begitu megah. Masjid raya Al Azhom berdiri di atas tanah seluas dua hekat dan bisa menampung lima belas ribu orang yang membuatnya menjadi masjid terbesar dan termegah di Kota Tangerang. Masjid Raya Al Azhom bisa menjadi destinasi wisata Tangerang murah karena tidak perlu uang atau tiket masuk untuk masuk ke masjid ini. Selain bisa menjadi tempat bertransit untuk ibadah, Masjid Raya Al Azhom Tangerang bisa menjadi tempat melepas lelah karena ada banyak lampu-lampu cantik yang menghiasi masjid dan begitu sedap untuk dipandang mata.
Bendungan Pintu Air Sepuluh

by instagram @setiawandwib




Objek wisata bendungan pintu air 10 merupakan wisata air di Tangerang yang masuk dalam kategori salah satu destinasi wisata alam Tangerang dan tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Tangerang. Bendungan merupakan salah satu bukti peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1927 berupa sepuluh pintu dengan lebar masing-masing sepuluh meter. Pada eranya, bendungan pintu air sepuluh memiliki fungsi yang vital bagi penduduk Tangerang dan sekitarnya karena berfungsi untuk mengatur debit air serta membendung arus air sungai Cisadane. Namun, seiring perkembangan jaman fungsi dari bendungan pintu air 10 menjadi tempat wisata Tangerang dan sekitarnya untuk bermain, memancing atau sekadar hangout atau kongkow karena udara di sekitar bendungan pintu air 10 yang berada di Jalan Sangengo, Karawaci, Tangerang teramat sejuk.






Kunjungi : Lokasi dan Rute Bukit Punthuk Setumbu Magelang
Situ Cipondoh

by instagram @randyadityar




Situ Cipondoh atau bisa disebut Danau Cipondoh merupakan salah satu tempat wisata Tangerang Selatan yang berada di Jalan Kyai Hasyim Asyari. Danau ini menjadi objek wisata di Tangerang yang cocok untuk wisata keluarga. Ini dikarenakan di danau ini kita bisa memancing, bermain sepeda air, ada juga kereta mini, bebek-bebekan bahkan ada pula flying fox yang siap memacu adrenalin pengunjung Situ Cipondoh.
Kelenteng Boen Tek Bio

by instagram @septianwiejaya




Tidak hanya menyuguhkan kehidupan modern serta wisata alam saja, tempat wisata di Tangerang juga menyuguhkan wisata religi seperti Kelenteng Boen Tek Bio yang berada di Jalan Bhakti No. 14, Pasar Lama, Kota Tangerang. Kelenteng yang dinobatkan sebagai kelenteng tertua di Kota Tangerang karena sudah berdiri sejak tiga abad yang lalu menjadi tempat wisata daerah Tangerang yang bersifat religi yang tidak boleh dilupakan ketika berkunjung ke Kota Tangerang. Desain dari kelenteng ini sama seperti kelenteng pada umumnya yaitu ada aula utama yang memajang altar Dewa Bumi atau Hok Tek Tjeng Sian dan rupang dari Yang Maha Pengasih dan Penolong atau disebut Lek Hud atau Mi Le Fo.



Selain itu, ada aturan yang harus ditepati pada pengunjung kelenteng ini seperti mengisi buku tamu dan memahami aturan kelenteng seperti tidak boleh masuk ke area peribadatan atau masuk ke are terlarang lainnya di kelenteng ini.
Pantai Tanjung Pasir

by instagram @robfly_lscs




Meskipun Kota Tangerang menjadi kota industri tetapi masih ada tempat wisata di Tangerang Selatan yang menyuguhkan keindahan alam seperti Pantai Tanjung Pasir yang berada di dua puluh lima kilometer sebelah utara Kota Tangerang. Selain menyuguhkan keindahan pantai, di Pantai Tanjung Pasir pengunjung juga bisa menyeberang ke Pulau Seribu dengan kapal kayu yang disewa dengan harga murah serta lengkap dengan jaket pelampung yang menjamin keselamatan para pengunjung. Pengunjung juga bisa melihat aktivitas nelayan menangkap ikan di lautan Pantai Tanjung Pasir.
Pantai Tanjung Kait

by instagram @ashariwirawan




Tempat wisata di Tangerang berikutnya yang menyuguhkan keindahan alam dan wisata air adalah Pantai Tanjung Kait yang berada pada tiga puluh kilometer di sebelah utara Kota Tangerang. Tempat wisata Kota Tangerang ini tidak hanya menyuguhkan wisata alam dan wisata air tetapi juga menjadi tempat wisata kuliner di Tangerang karena pengunjung Pantai Tanjung Kait bisa menikmati angin pantai yang sepoi-sepoi sembari menikmati beragam kuliner khas Tangerang mau pun kuliner berupa sea food di pondok-pondok rumah makan yang berada di atas air.



Tidak hanya menikmati alam dan berwisata kuliner, para pengunjung Pantai Tanjung Kait juga bisa berkunjung ke desa nelayan yang menjorok ke laut dan berjalan di sepanjang dermaga desa nelayan tersebut yang terbuat dari rangkaian bambu.



Kunjungi : 26 Tempat Wisata Terbaru di Trenggalek dan Sekitarnya Rekomended



Hutan Kota BSD (Bumi Serpong Damai)

by instagram @ny.indahayun




Tempat wisata di Tangerang yang berikutnya adalah hutan kota BSD atau Bumi Serpong Damai yang merupakan Tempat wisata di Tangerang Serpong yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung atau singgah di kawasan Serpong, Tangerang. Kehadiran hutan kota BSD ini membuktikan bahwa meski pun kota Tangerang merupakan kota industri tetapi mereka tetap membudayakan penghijauan dan go green dengan membangun hutan buatan yang dikelola oleh perumahan Bumi Serpong Damai atau BSD. Sejauh ini sudah ada dua hutan buatan milik perumahan Bumi Serpong Damai yang berada di daerah dekat Ocean Park dan Taman Tekno di jalan yang menuju Parung, Kota Bogor. Untuk hutan kota BSD yang berada di kawasan sekitar Ocean Park berupa hutan rimba yang memiliki jogging track yang bisa dimanfaatkan oleh penghuni kompleks perumahan Bumi Serpong Damai dan sekitarnya.



Sedangkan, untuk hutan kota BSD yang berada di sekitar Taman Tekno di bilangan jalan menuju Parung, Bogor merupakan kombinasi dari hutan dan sungai yang melintang sepanjang hutan. Kedua hutan buatan yang berada di jantung kota Tangerang ini bisa menjadi wisata Tangerang Selatan yang menyuguhkan keindahan alam sekaligus tempat yang indah untuk menyalurkan hobi fotografi.
Masjid Seribu Pintu

by instagram @ninik_sundarii




Selain ada tempat wisata di jakarta barat yang menyimpan banyak sejarah, di Tangerang juga ada Masjid Raya Al Azhom yang merupakan destinasi wisata religi. Ada pula Masjid Pintu Seribu atau dikenal dengan nama Masjid Agung Nurul Yaqin yang berdiri di atas tanah seluas satu hektar. Masjid yang berada di sekitar Kampung Bayur ini merupakan tempat wisata di Tangerang yang terkenal hingga ke mancanegara karena pengunjungnya bisa berasal dari Malaysia atau Brunei Darussalam.



Hal yang menarik dari Masjid Pintu Seribu atau Masjid Agung Nurul Yaqin adalah kehadiran tasbih berukuran raksasa yang terbuat dari kayu yang hanya bisa ditemui di masjid yang didirikan pada tahun 1978.
Pulau Cangkir

by instagram @ahmad_yani182




Pulau Cangkir merupakan tempat wisata di Kota Tangerang yang menjadi favorit penduduk Tangerang dan sekitarnya karena objek wisata ini adalah perpaduan antara wisata bahari, sejarah dan ziarah. Pulau yang memiliki luas dua puluh lima hektar ini berada di Kecamatan Krojo, Kota Tangerang.



Selain menyuguhkan keindahan alam, yang menjadikan Pulau Cangkir sebagai destinasi wisata sejarah dan ziarah adalah adanya makam dari Pangeran Jaga Lautan yang merupakan tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di wilayah Banten yang sekitarnya.
Taman Buaya Tanjung Pasir

by instagram @rionealeffendi




Di Kota Tangerang yang merupakan kota industri pun memiliki tempat untuk penangkaran buaya yang bernama Taman Buaya Tanjung Pasir yang berada di kawasan Teluk Naga, Tangerang. Penangkaran ini bisa dengan mudah ditemui karena berada di tepi jalan dan pada bagian depannya terdapat patung buaya berukuran besar.



Sejak didirikan pada tahun 2002, Taman Buaya Tanjung Pasir sudah memiliki sekitar lima ratus buaya yang ditangkarkan. Tidak hanya menangkarkan buaya, di Taman Buaya Tanjung Pasir pun dijual beragam produk dari kulit buaya seperti topi, dompet, tas, ikat pinggang dan telur buaya.


Kunjungi : Ramainya Camping di Pantai Ngetun Tepus Gunung Kidul.

Wisata Kuliner di Pasar Lama
by instagram @dapiidh




Destinasi wisata di Kota Tangerang tidak hanya menyuguhkan wisata alam, bahari, sejarah dan religi tetapi juga menyuguhkan wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan oleh para pengunjung kota Tangerang. Tempat wisata kuliner di Tangerang yang terkenal berada di kawasan Pasar Lama yang menyuguhkan beragama kuliner khas dari peranakan China – Tangerang seperti asinan, otak-otak ikan, babi panggang dan sate babi.



Bukan hanya pasar baru di wisata jakarta pusat, ada pula kuliner khas dari Kota Tangerang seperti sayur besan, gecom dan laksa Tangerang. Sayur besan merupakan sayur khas dari Kota Tangerang yang memiliki nilai filosofis karena sayur ini hanya disajikan untuk orang tua mempelai perempuan dari orang tua mempelai pria pada acara pernikahan atau Ngabesan.



Sedangkan, gecom merupakan perpaduan toge atau kecambah dan oncom yang rasanya menggoyang lidah pada pencinta kuliner. Sementara itu, laksa Tangerang merupakan menu makanan yang menjadi ikon Kota Tangerang karena laksa ini berbeda dengan laksa lain seperti laksa Betawi atau Laksa Singapura. Laksa Tangerang terbuat dari bihun yang berukuran tebal dengan campuran dari kentang, kacang hijau, potongan daging ayam, telur dan daun kucai serta kuah kental yang terbuat dari santan dan kaldu ayam.

by instagram @anak.sosial


Marcopolo Waterpark Serpong : Great Western Resort Hotel, Jl. MH. Thamrin KM. 2.7, Serpong, Kec. Tangerang, Banten 12210
City Raya Water World : Jl. Citra Raya Utama Timur, Tangerang, Banten
Ocean Park BSD City : Jl. Pahlawan Seribu, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310
Alun-alun Tangerang : Sukarasa, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten
Taman Potret Tangerang : Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
Bundaran Tugu Adipura Tangerang : Jl TMP Taruna dan Jl Veteran Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang
Taman Prestasi Tangerang : Jl. Ahmad Yani, Kota Tangerang, Banten
Keramat Tigaraksa
Situ Genting : Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Situ Kelapa Dua : kecamatan di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia
Kolam Pancing Kampoeng Kalapa Sidaraja : Sindang Sono, Sindang Jaya, Tangerang, Banten
Taman Jajan Pasar Modern Mutiara Lippo Karawaci, Kota Tangerang
Taman Santap Rumah Kayu – Summarecon Gading Serpong : Jl. Ki Hajar Dewantara Blok SKL No. 002, Tangerang, Banten 15810
Festival Cisadane : Jl. Letjend Suprapto, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15111
The Flavor Bliss Alam Sutera : Jl. Alam Sutera Boulevard, Alam Sutera, Serpong, Banten
Lippo Karawaci : Menara Matahari, Jl. Boulevard Palem Raya No. 7, Tangerang, Banten

Itulah destinasi tempat wisata di Tangerang yang kami rekomendasikan untuk anda. Semoga membantu memudahkan rekreasi anda bersama keluarga di saat liburan. Destinasi lain yang bisa anda kunjungi:
obyek wisata di bogor 
wisata alam sumbar 
tempat wisata di sumbar 
wisata cianjur 
objek wisata johor bahru 
wisata sidoarjo 
objek wisata sumbar 
wisata jambi 
wisata di padang panjang 
peta wisata sumatera barat 
peta denah lokasi tempat wisata di padang 
tempat wisata jakarta 
tempat wisata di rembang 
paket wisata padang murah 
paket tour di padang 
wisata kamboja 
tempat wisata di jakarta 
tempat wisata di padang sidempuan 
tempat wisata di palembang 
tempat wisata di padang kota 
tempat wisata padang sidempuan 
paket tour padang 
paket tour padang murah 
tour ke padang 
tempat wisata di kulon progo 
wisata jawa barat 
solo wisata 
paket wisata padang 
wisata sumenep 
wisata kyoto
Inilah Wisata Alam dan Tempat Rekreasi di Tangerang yang Wajib Dikunjungi Inilah Wisata Alam dan Tempat Rekreasi di Tangerang yang Wajib Dikunjungi Reviewed by Admin on 27 June Rating: 5

Ad Home

Powered by Blogger.