10 Tempat Makan Paling Enak di Kota Padang Sumbar

Setelah berlibur di Ranah Minang harus mencicipi makanan enak yang ada di kota Padang Sumbar.
Tempat ini saya rekomendasikan karena saya sudah mencoba hampir keseluruhan masakan dan tentunya menjadi legenda bagi seluruh urang awak Minang di rantau dan tentunya tinggal di kota Padang.
Tempat makan ini dapat dikatakan sebagai olahan dari tangan urang awak sendiri dan tentunya pasti dijamin halal dimulai dari proses hingga sampai penyajian, mendukung program kota halal yang telah dimenangkan oleh provinsi ini sangat tepat sekali untuk dikunjungi.
Mau tau apa saja tempat makan enak di kota Padang Sumatera Barat yang harus kudu dikunjungi dan pesan menu favorit di tempat ini dengan harga yang sangat terjangkau, berikut:

10 Tempat Makan Paling Enak di Kota Padang Sumbar

1. Rumah Makan Lamun Ombak

Rumah makan yang sudah terkenal di kota Padang dengan menu masakan lezat dan hidangan yang selalu baru menjadikan rumah makan ini pasti tidak terlewatkan oleh seluruh pecinta kuliner di kota Padang dan para turis. Awal berdirinya restoran ini hanya berupa gerobak kaki lima yang berlokasi disekitar Ulak Karang, dengan tekat yang kuat bisa terwujud sebuah restoran yang sebesar ini. Dengan proses masak yang menggunakan bumbu yang cukup lengkap ini dan dimasak menggunakan kayu bakar ini membuat rasa dan kualitas masih tetap terjaga sampai sekarang.

Alamat: Jl. Khatib Sulaiman No 99, Ulak Karang Utara, Padang Utara 25133. Sumatera Barat.
Telepon: (0751) 7051426
Jam Buka: 10:00 – 21:00

2. Rumah Makan Pauh Piaman

Rumah makan spesial menghidangakn gulai dengan kepala ikan disinilah tempatnya. Racikan bumpu pedas dengan rempah lengkap terhidang aneka jenis ikan terbaik yang menjadi andalan rumah makan ini. Memang terlihat biasa saja dengan minim etalase sebuah rumah makan tetapi rasanya dapat dikatakan bintang lima. Dengan wanginya sepiring gulai kepala ikan berpadu dengan nasi hangat terhidang dimeja membuat tangan ini tidak mampu bergerak untuk membuat makan siang yang tak terlupakan. Spesial dari Kabupaten Padang Pariaman yang banyak olahan sea-food nya membuat rumah makan ini akan selalu penuh pada jam makan siang. Mau mencicipi gulai kepala ikan atau jenis ikan terbaik yang ada di kota Padang ini, anda harus datang ke lokasi ini.

Alamat: Jl. Khatib Sulaiman No.63, Lolong Belanti, Padang Utara 25173, Sumatera Barat.
Telepon: (0751) 40585
Jam Buka: 10:00 – 17:00

3. Martabak Malabar

Terkenal dengan martabak olahan dari keturunan India juga ada loh di kota Padang. Kelengkapan kuliner ini menjadi hidangan yang dirasakan setiap penduduk lokal bahkan para turis yang datang ke kota wisata ini. Memang benar adanya tidak hanya martabak yang membaluri rempah khas masakan kare India dengan kuah mirip dengan martabak kubang ini sangat kaya rasa mampu menghipnotis para pengunjung yang rela antri sampai ke parkiran mobil untuk menunggu giliran bisa menikmati hidangan ini. Sebenarnya menu makanan lain juga ada seperti nasi goreng, mie goreng, roti canai, dsb tetapi martabak menjadi incaran pertama para pemburu kuliner. Anda harus mencobanya, dan rasakan bagaimana rasa antri menunggu giliran dan setelah mendapat seporsi martabak ini rasa pegel dan galau akan hilang sirna.

Alamat: Jl.MH.Thamrin No 1, Belakang Pondok, Padang Selatan 25134, Sumatera Barat.
Telepon: (0751) 21369
Jam buka: 18:00 – 24:00

4. Martabak Kubang Hayuda

Makanan olahan yang dibuat oleh urang awak asli kota Padang menghasilkan martabak kubang yang melegenda hingga sampai saat ini. Baca sejearahnya yang telah saya ulas [link] ini telah membuka cabang di kota Jakarta ini telah membuat terlena perantau dengan kelezatan. Daging sapi cincang berbumbu lengkap berbalut kulit digoreng dengan minyak samin mampu melengkapi kuliner dari Ranah Minang. Sajian hangat dengan kuah asam manis pedas ini tentu sangat berbeda jika anda mencobanya langsung di kota Padang.

Alamat: Jl.MH.Yamin No 138, Belakang Tangsi, Padang Barat, Sumatera Barat.
Telepon: (0751) 28143
Jam buka: 14:00 – 24:00

5. Sate Itjap

Varian sate yang juga memperkaya kuliner lezat adalah Sate Itjap. Kuah yang manis gurih merupakan paduan dua budaya antara Jawa dan Minang ini sudah hadir di kota Padang lebih dari 25 tahun. Menu sate yang sama dengan tema sate Padang tetapi rasanya ini yang cukup berbeda. Bagi anda yang tidak menyukai rasa pedas sekali untuk menyantap sate yang ada di kota Padang, inilah menu sate yang saya rekomendasikan. Daging sapi yang padat gurih berbumbu gurih dengan kuah sate yang berbeda ini sudah bisa anda jadikan detinasi makan enak yang ada di Ranah Minang.

Alamat: Jl. HR Rasuna Said No 99, Padang Baru Sumatera Barat.
Telepon: –
Jam buka: 17:00 – 24:00

6. Sate Bundo Batusangkar

Menu sate yang baru hadir masuk tahun ke 5 ini sudah bisa menghipnotis penikmat sate di kota Padang baik untuk penduduk lokal atau para wisatawan. Dengan varian yang cukup lengkap dimulai dari daging sapi murni, jeroan sapi, bahkan sampai ke kerang ini sudah melengkapi kuliner rasa yang hadir di Sate Bundo Batusangkar. Jangan salah, kuah satenya sangat terasa bumbu, gurih, dan jika anda beruntung akan diberikan potongan tulangan sapi sebagi bumbu penyedab alami untuk sebuah hidangan. Inilah sate yang paling nikmat yang pernah saya coba di kota Padang yang pasti diolah langsung oleh urang awak asli Minang.

Alamat: Jl. Air Camar No 15, Padang Timur, Padang.
Telepon: +6285263150181
Jam buka: 15:00 – 24:00

7. Restoran Soto Garuda

Soto Padang hadir di sebuah restoran sudah memanjakan seluruh wisatawan dan penduduk lokal. Soto Garuda ini sudah mempelopori masakan penting ini dengan kuah yang sangat terasa bumbu dengan tambahan bihun putih, daging goreng, dan sepiring nasi hangat ini bisa anda coba. Memang banyak restoran soto Padang yang hadir di kota Padang, tetapi inilah yang banyak direkomendasikan oleh seluruh traveller yang telah singgah mencicipi hidangan ini.

Alamat: Jl.Letjen S.Parman No 112 B-C-E Padang Sumatera Barat.
Telepon: (0751) 7055046
Jam buka: 10:00 – 21:00

8. Es Cendol Patimura

Walaupun hanya sekedar es cendol tetapi minuman ini sudah hadir cukup lama di kota Padang, lebih dari 25 tahun sudah setia menyuguhkan segelas es cendol dengan ampiang dan gula merah sangat seger di terik cuaca panas. Lokasi yang sangat sederhana ini tidak sesederhana itu, rasanya sangat melenakan anda untuk setiap tegukan. Racikan oleh urang awak asli ini mampu memperkaya kuliner yang dibuat penduduk asli sebagai pedongkrak ekonomi UMKM.

Alamat: Jl. Patimura ujung, Padang Kampung Jao, Padang.
Telepon: –
Jam buka: 09:00 – 17:00

9. Rumah Makan Simpang Raya

Salah satu tempat yang direkomendasikan oleh para sanak rantau dan penduduk adalah RM Simpang Raya. Walau di kota Padang tempatnya di pusat pasar tidak menyurutkan para pemburu kuliner hadir untuk mencicipi hidangan olahan khas urang awak Minang. Sudah banyak cabang dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Pekanbaru, Bukittinggi, Bandung, dsb membuktikan rumah makan ini sudah mendapat tempat di pecinta kuliner dari Ranah Minang. Beragam menu dimulai dari ikan kepala kakap, gulai, ayam pop, dan menu tumisan dan goreng mampu bertahan sampai sekarang. Ingin merasakan sensasi lain datang ke RM Simpang Raya.

Alamat: Jl. Bundo Kanduang samping Mesjid Raya Taqwa Muhammadiah Padang.
Telepon: –
Jam buka: 09:00 – 19:00

10. Restoran Taman Sari

Restoran yang sudah cukup lama berdiri di kota Padang ini tentu dimiliki oleh urang awak menjadikan pelopor masakan Indonesia di kota ini. Berbagai jenis masakan yang sudah populer diracik khusus oleh penduduk asli Minang ini telah menjadi tempat meeting poin beberapa pengusaha dan pebisnis yang terletak di pusat kota. Memang untuk selera agak Indonesia bisa dihitung jari tempat makan yang represntatif tetapi inilah salah satu lokasinya. Berbagai menu dari Ranah Minang juga disuguhkan sebagai menu utama untuk para tamu.

Alamat: Jl. Jend Ahmad Yani No 23. Kampung Jao, Padang Sumatera Barat.
Telepon: (0751) 25023
Jam buka: 11:00 – 21:00

Dikarenakan Restoran Taman Sari sudah tidak beroperasi lagi. Kami ganti dengan

Rumah Makan Parak Gadang

Rumah Makan ini telah beroperasi lebih dari 10 tahun, hingga saat ini. Masakan yang khas ala kampung di sini adalah Ikan Bakarnya yang Khas. Tidak ditemui di kebanyakan Rumah Makan Minang. Ikan Bakarnya Lembut tapi Masak/Matang dan Enak TIDAK Enek! Tidak Bosan-bosan kami mengkonsumsinya hampir setiap hari, dulu setiap ‘lauk’ atau sambal dipatok harga 8.000.- kemudian 10.000,- sejak beberapa tahun ini jadi Rp 12.000,- Cukup worth! Dengan Harga perbungkus Nasi Rames (Lengkap Nasi + Lauk + Sayur + Sambal + Teh Goyang (Kalau Diminta).

Terletak di Lokasi Jl. Parak Gadang – Aur Duri sebelum Pasar Buah / Citra. Masuk dari Jl. Parak Pisang Samping RS Tentara (Dr. Reksodiwiryo Ganting).

Inilah tempat makan enak yang tersebar di kota Padang dimulai dari tempat kaki lima sampai dengan restoran. Saya menggabungkannya karena rasa yang otentik dan banyak sekali diburu para perantau urang awak Minang apabila mereka pulang kampung. Jangan salah, semua tempat makan enak yang ada di kota Padang ini dikelola oleh Muslim yang tentu akan mendukung wisata kuliner halal yang menjadi tema Pemerintah Kota. Semua muslim butuh tempat makan yang halal dimulai dari proses hingga hidangan tersaji diatas meja. Ingin mencicipi seluruh menu makanan yang direkomendasikan ini anda harus siapkan waktu khusus setelah berlibur di Sumatera Barat sebelum berangkat pulang ke perantauan.