Kisah Legenda Pulau Pasumpahan dan Malin Kundang Sumatera Barat Indonesia

Siapa yang belum pernah mendengar legenda Malin Kundang? Seorang anak yang merantau lalu menuai kesuksesan. Ia kemudian menikahi seorang anak konglomerat. Sayang, ia kemudian tidak mau mengakui ibunya yang miskin dan renta. Mendapati anaknya telah durhaka, Sang Ibu pun murka lalu mengutuk Malin menjadi batu.
Menelusuri Jejak Malin Kundang di Pulau Pasumpahan Yang Indah

Jejak Legenda Malin Kundang ini dapat ditemui langsung di Pulau Pasumpahan, Kota Padang, Sumatera Barat. Napak tilas di pulau ini memberikan pelajaran akan pentingnya berbakti kepada orang tua, sebuah sensasi unik wisata Pulau Sumatera.

Kapan lagi menjelajah pulau yang tak ditinggali manusia? Sebuah pulau kecil dengan luas lima hektar di antara lautan yang menyuguhkan keindahan garis pantai. Pada pulau yang dipercaya sebagai jelmaan Malin Kundang ini terdapat surga pantai pasir putih.

Menarik, pada bagian paling tepi, air terlihat bening tanpa warna. Seperti diberi sedikit sumba, satu meter kemudian air bening agak kehijauan. Satu setengah meter darinya, air seperti larutan hijau pekat lalu biru pada bagian lebih luar. Sebuah pemandangan dari ajaibnya tingkat kedalaman laut dari bibir pantai itu. Sebelum menjelajah airnya, Anda bisa menikmati hutan mangrove.

Objek wisata Pulau Pasumpahan terdapat di Kecamatan Bungus, Kelurahan Teluk Kabung. Pulau yang hanya 200 meter dari Pulau Sikuai ini dapat dicapai dengan mudah dari Kota Padang.

Berangkatlah dari Sungai Pisang menggunakan speedboat selama
20 menit. Jika ingin lebih menikmati suasana laut, Anda dapat memilih menggunakan perahu. Hanya perlu merogoh Rp 35.000 untuk menyeberang ke tanah Malin ini. Jumlah biaya tersebut sudah termasuk ongkos kembali ke Sungai Pisang. Anda juga bisa berangkat bersama sembilan orang lainnya dengan hanya Rp 75.000. Selain itu, Anda bisa berangkat dari Pelabuhan Teluk Bayur dengan perahu nelayan.

Karena terpencil, persiapkanlah betul-betul perbekalan Anda. Bawalah makanan dan minuman secukupnya beserta obat-obatan. Jangan lupa lotion anti nyamuk untuk dapat menikmati pantai dengan santai. Bagi Anda yang ingin menjaga kulit dari sinar matahari, bawalah tabir surya.

Bermainlah di sana di bawah teduhnya pohon kelapa. Di dalam airnya yang hijau dan biru, terdapat berbagai hewan laut cantik. Hewan-hewan itu seeprti red lionfish, sotong, teripang, dan penyu. Anda rugi jika tidak menikmatinya dengan menyelam atau snorkeling. Terumbu karang akan menyambut Anda dengan 21 spesies Ikan Kepe-Kepe.

Menyelamlah sedalam 10 meter maka Anda akan terpesona terumbu karang dan para ikan. Di tiang demaga yang terbuat dari batang kayu kepala, ikan-ikan kecil juga bisa Anda temukan. Ikan-ikan ini sering kali berkumpul pada tiang tersebut. Kecilnya pulau ini memungkinkan Anda mengelilinginya dengan berenang selama dua jam.

Belum puas mengitarinya sepanjang siang? Jika ingin menikmati suasana malam bertabur bintang-bintang, Anda dapat menyiapkan tenda.  Pastikan Anda memiliki perbekalan makanan dan minuman yang cukup serta peralatan yang memadai. Suatu malam di pulau ini akan memungkinkan Anda bermandi cahaya Purnama.

So, masukkan objek wisata Pulau Pasumpahan dalam daftar wisata Pulau Sumatera Anda! (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *