Harga Biaya Tiket Masuk Lokasi Wisata Pulau Sirandah Island Padang West Sumatra

Wisata Pulau Sirandah Island Padang Sumatera Barat

Menuju Pulau Sirandah, Maladewanya Kota Padang

Kenapa Dinamakan Pulau Sirandah?

pulau sirandah island

Sirandah adalah bahasa Minangkabau yang jika di alihkan menjadi bahasa indonesia sama artinya dengan yang rendah (si rendah).

Sebab pulau nan molek ini memang memiliki bibir pantai yang cenderung datar / rendah.

Mungkin sekitar 80% dari keseluruhan daratan pulau ini konturnya sangat datar.

Selain itu jika membandingkannya dengan pulau-pulau sekitarnya, Pulau sirandah adalah pulau yang memiliki ketinggian paling rendah.

Sedangkan Pulau Pagang, Pulau Sikuai, pPulau Pasumpahan atau Pamutusan memiliki kontur menjulang, mirip pulau-pulau di perairan Raja Ampat.

Lokasi Pulau Sirandah Island Dimana?

Where is Sirandah Island? Sirandah island is Located in West Sumatra Province.

Pulau Sirandah (Sirandah Island) terletak di sekitar kepulauan Mandeh (Islands), dekat Tarusan  Pesisir Selatan.

Lokasi Pulau Sirandah Island juga dekat ke Painan Pesisir Selatan hanya saja, jarak ke (Pantai Mandeh) Pesisir Selatan

Jarak tempuhnya lebih lama dan lebih jauh daripada Bungus atau Padang sendiri. Kalau dari Pantai Muaro Padang, jarak SpeedBoad jadi lebih mahal dan karena juga lebih jauh.

wisata pulau sirandah island Padang

Anda mungkin pernah mendengar nama maldives atau maladewa, itulah negara kepulauan yang terbentuk dari kumpulan karang di samudera hindia di dekat benua afrika.

Maladewa sangat terkenal di dunia dengan wisata bahari dan resort rumah penginapan wisata cottage terapung.

Tidak di pungkiri, perairan kecamatan bungus teluk kabung menjadi ‘most wanted’ para penikmat wisata yang berkunjung ke sumatera barat.

Di sanalah berbaris pulau-pulau yang dianggap terindah seantero ranah minang tersebut.

Mulai dari pulau pagang yang jadi sang primadona, ada pula pulau pamutusan nan mempesona dan juga pulau pasumpahan yang tiada duanya.

Walau ketiga pulau ini menjadi destinasi utama, tetapi sebenarnya masih banyak deretan pulau-pulau lain yang tesebar di perairan bungus. Salah satunya adalah Pulau Sirandah.

Pulau Sirandah atau Sirandah Island yang di gadang-gadangkan akan menjadi Maladewanya Indonesia terletak di kota Padang.

Pulau Sirandah merupakan pulau terluar di Kawasan Mandeh dengan luas lebih kurang hanya 10 hektar.

Bagian depan sendiri di gunakan untuk objek wisata bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri manca negara dan bagian belakang berupa resort untuk turis mancanegara.

Fasilitas:

Investor dari dalam dan luar negeri bekerja sama dengan pemerintah kota padang membangun infrastruktur dan sarana prasarana yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan seperti kapal penyeberangan, hotel untuk menginap/cottage, restoran, gazebo, kafe, mkc, musholla dan Fasilitas lainya.

Berbagai wahana juga di sediakan di Pulau Sirandah seperti jet ski, diving dan waterboom laut.

Lokasi Pulau Sirandah terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kabupaten Padang Pariaman Indonesia atau tepatnya berjarak hanya sekitar 800 meter dari lokasi Pulau Sikuai.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung, jika memang para wisatawan berdomisili di luar kota Padang, maka wisatawan harus tiba terlebih dahulu di Kota Padang sebagai start titik awal perjalanan.

Hal yang menarik di pulau sirandah salah satunya adalah adanya pulau bebatuan yang mirip dengan kura-kura atau penyu. Pulau ini berada di sebelah luar Pulau Sirandah.

Susunan batu landai di kiri kanannya menyerupai kaki penyu dan bongkahan batu di tengahnya menyerupai kepala kura-kura.

Pulau ini menjadi salah satu objek wisata favorit untuk berfoto-foto bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Sirandah.

Cara Menuju Pulau Sirandah Island

Ada tiga pilihan lokasi keberangkatan kapal/boat menuju pulau sirandah.

Sebelum berkunjung pastikan telah memesan boat atau paket wisata dari penyelenggara tour terlebih dahulu agar perjalanan anda terencana dan dipandu dengan baik.

Berikut Tiga Lokasi Pemberangkatan Menuju Pulau Sirandah. Bagaimana Cara Pergi ke Pulau Sirandah? Untuk Menuju ke Pulau Sirandah

Untuk Menuju ke Pulau Sirandah Island bisa ditempuh 2 (dua) cara:

  1. Dengan SpeedBoat dari Pelabuhan Muara Pantai Padang, dari Pantai Pisang atau dari Bungus Teluk Kabung. Dengan harga yang berbeda-beda tergantung jarak yang ditempuh. Yang paling murah adalah dari Sungai Pisang, yaitu sekitar IDR  65.000,-an atau lebih tergantung fasilitas kapal boat, negosiasi & kesepakatan.
  2. Lewat Darat. Bagi yang suka menempuh jalur darat bisa menggunakan kendaraan Mobil atau roda 2 bermotor, tergantung kondisi dan jumlah rombongan yang berangkat.

Tempat keberangkatan dari muara padang (dekat jembatan siti nurbaya), lokasinya tergolong di pusat kota. Dengan berangkat dari Muara tidak perlu jauh-jauh berkendara ke bungus ataupun ke sungai pisang dulu, yang kalau tidak tahu medannya juga cukup mengerikan bagi yang tidak biasa, terutama di masa cuaca buruk.

Cukup naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi lalu parkir di kawasan muara. Lama perjalanan ke pulau sirandah dari muara dengan boat selama lebih kurang 1 jam. Setelah berwisata akan diantar kembali oleh tour guide ke pelabuhan muara.

Tempat berangkat di pantai Bungus. Untuk menuju bungus bisa di tempuh dengan mobil atau motor pribadi melalui jalan aspal lebih kurang 15 km dari pusat kota Padang. Jalannya berkelok mendaki menurun disuguhi pemandangan laut yang indah.

Sesampainya di bungus silahkan parkir kendaraan pribadi di lokasi parkir yang tersedia di Pantai Bungus. Lama perjalanan ke pulau sirandah dari sini lebih kurang setengah jam 930 menit). Setelah berwisata, anda akan di antar kembali ke pantai bungus.

Tempat berangkat dari pantai desa Sungai Pisang, sekitar 7 km lagi (Total 20-an km dari kota Padang) ke arah selatan dari Pantai Bungus.

Jalan yang di tempuh kendaraan untuk menuju desa Sungai Pisang sudah cukup bagus tapi tetap harus berhati-hati, karena medannya curam.

Sesampainya di pantai Sungai Pisang, setelah memarkir kendaraan pribadi di sana. Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Sirandah dengan perahu boat lebih kurang 15 menit. Setelah puas menikmati keindaah pulau pisang dan waktunya pulang, para wisata di antar kembali ke Sungai Pisang.

Tak lama berselang maka akan tampak sebuah tulisan besar di pesisir pantai bertuliskan Sirandah Island yang sebagai penanda bahwa para wisatawan telah tiba di pulau nan cantik serta indah ini.

Menginjakkan kaki untuk pertama di Pulau Sirandah dan merasakan atmosfer pulau langsung membuat kagum akan keindahannya melambangkan keagungan dan keindahan penciptanya.

Pasir pantai yang halus nan bersih terhampar mengelilingi di seluruh garis pantai pulau ini. Selain itu permukaan pasirnya yang landai,  akan membuat kita nyaman bila berenang menyusuri perairan pantainya. Gradasi warna perairannya pun begitu unik dan cantik, kejernihannya tak perlu diragukan lagi.

Secara alami Pulau Sirandah belum terlalu banyak mendapat sentuhan tangan manusia, bolehlah  bila nak dikatakan Pulau Sirandah ini lebih baik dengan biota perairan masih alami.

Alam bawah laut Pulau Sirandah juga sangat cocok untuk snorkeling ataupun diving. Karena kaya dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan.

Bahkan karena terletak di bagian terluar antara pulau-pulau lain pulau ini konon katanya juga sering disinggahi hiu-hiu tropis nan mungil.

Pulau sirandah juga sering dijadikan tempat camping wisatawan.

Ketika malam tiba, dari pulau ini tampak kelap-kelip cahaya lampu dari Pelabuhan Teluk Bayur, ataupun lampu-lampu kapal nelayan yang lalu lalang.

Harga Biaya Paket Wisata Pulau Siranda Island

Tarif Biaya Masuk ke Pulau Sirandah Island:

Harga Paket OneDay Tour Swarna Dwipa Pamutusan Sirandah Island :

1. One day Trip Suwarnadwipa 
+ Pamutusan/Pulau Pagang/Pasumpahan Mulai dari 300 ribuan / org
2. Paket Menginap di Suwarnadwipa
Biaya paket Menginap di Suwarnadwipa tergantung jenis kamar yang dipilih:
A. Menginap di Kamar Bisnis Mulai Rp 600.000/orang
B. Menginap di Cottage mulai Rp 650.000/orang
C. Menginap di Kamar Backpaker mulai Rp 450.000/orang
Noted :
– Harga disesuaikan berdasarkan jumlah peserta
– Dapatkan harga khusus untuk peserta Grup/Corporate
– Info lebih lanjut silahkan hubungi kami
Info & Reservasi:
Call/WhatsApp: 0822-8410-7787
Office: Jl. Dr. M. Hatta No. 11 Anduring Padang

Related Search:

biaya ke pulau sirandah, cara ke pulau sirandah, lokasi pulau sirandah, sirandah island kota padang, sumatera barat, gambar pulau sirandah, lokasi sirandah island, paket wisata pulau sirandah, pulau sirandah island.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *