Welcome to Pantai Kahona Barus Tapanuli Tengah

Pantai Kahona Barus Tapanuli Tengah

 

PERJALANAN menerpa ombak selama dua jam rasanya terbayar sudah ketika kaki menapakkan diri di bibir pantai Pulau Mursala.

Kian ke pantai, air laut berwarna biru tergradasi menjadi warna hijau. Berpadu dengan pasir berwarna putih bak kilauan permata yang diselimuti air laut. Ya, bagi Anda yang sudah hafal dengan kecantikan wisata laut di Pulau Nias, Sumatera Utara, maka ada satu lagi objek bagi Anda penggemar olahraga snorkle yang bisa dijadikan target Anda selanjutnya.

Tidak jauh dari Nias, terdapat Pulau Mursala dengan beberapa pulau kecil yang mengitarinya. Di antaranya Pulau Puti, yang dipastikan memiliki keindahan alam bawah laut. Pulau ini belum banyak dieksplorasi.

Gaung Pulau Mursala, yang merupakan bagian dari Tapanuli Tengah ini, memang belum banyak didengar orang. Di pulau ini belum ada cottage yang bisa dijadikan tempat menginap. Mungkin saja hal itu yang membuat nama Pulau Mursala tak banyak didengar wisatawan.

Namun, kenyataannya kurang lebih ada 60 kepala keluarga yang menetap di Pulau ini. Kabar baiknya, mereka akan dengan senang hati memberikan penginapan kepada pengunjung yang datang ke pulau ini. Atau tempat peristirahatan bagi mereka yang ingin sekadar singgah di Pulau Mursala hingga senja.

Letak Pulau Mursala yang hanya memakan waktu perjalanan selama 2 jam dengan perahu, bisa mengantar Anda dari dermaga yang ada di pesisir Kabupaten Pandan, Sibolga. Harga tidak akan jadi masalah karena perahu ini memasang tarif carter kurang lebih Rp1,3 juta. Beberapa ratus meter menuju pesisir pantai Mursala, Anda sudah disuguhi pemandangan bawah laut yang cukup memesona.

Taman terumbu karang di Pulau Mursala sendiri sudah menjadi salah satu target tempat konservasi terumbu karang yang dilakukan COREMAP (Coral Reef Rehabilitation and Management Program) – sebuah lembaga yang dinaungi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan) dan Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menjaga kelestarian terumbu karang.

Tempat lain yang wajib dikunjungi jika Anda sempat ke Pulau Mursala adalah menyingkap keajaiban air terjun yang berada di pinggir Pulau Mursala. Bagi Anda yang memiliki waktu banyak bisa saja menyusuri langsung dari mana air terjun yang langsung jatuh ke samudera lepas itu bermula. Untuk Anda yang hanya ingin merekam keindahan air terjun itu, Anda bisa menyaksikannya dengan mencarter kapal.

Pantai Kahona Barus Tapanuli Tengah memang sedang menuju pengembangan pariwisata. Melalui program Tapanuli Growth, rencananya ada pembangunan objek wisata yang dikabarkan didesain oleh Nyoman Nuarta-yang juga mendesain Garuda Wisnu Kencana di Bali-dengan merencanakan pembuatan hotel dengan bentuk perahu. Kelak, di atas hotel tersebut akan berdiri patung yang diberi nama Patung Anugrah, seperti yang dimiliki San Paulo dengan patung Yesus O Cristo Redentor di Bukit Corcovado sebelah utara Rio de Jenairo.