Sebaiknya Tidak Posting Boarding Pass di Social Media

Sebaiknya Tidak Posting Boarding Pass di Social Media


Jika Anda memiliki teman-teman di Facebook atau Twitter maka Anda akan sesekali melihat mereka memposting boarding pass mereka sebelum penerbangan, yang kelihatannya baik-baik saja, … Namun, harap diingat ada dampak yang mungkin datang dengan melakukannya.

Boarding pass memiliki dua hal penting. Yang pertama adalah nomor tiket Anda dan yang kedua adalah locator catatan Anda. Seseorang yang memiliki salah satu dari angka-angka di boarding pass tersebut, dapat mengakibatkan ketidaknyamanan serius untuk rencana perjalanan Anda dan mungkin bisa menyebabkan Anda terdampar di suatu tempat.

Jika Anda memiliki mantan pacar di daftar teman Anda atau seseorang yang tidak suka dengan Anda, mereka dapat dengan mudah menghubungi maskapai, memberikan mereka informasi pribadi Anda dan dapat mengubah atau membatalkan penerbangan Anda.

Selain itu, tergantung pada maskapai Anda, seseorang dapat memperoleh informasi penerbangan secara online dengan mengunjungi website penerbangan dan akan dapat melihat berikut:

Informasi alamat penagihan Anda
Tanggal lahir
Frequent flyer number
Status
Lokasi asal dan tujuan
Klas perjalanan & msh banyak lagi!

Sekitar beberapa waktu yang lalu, ada seseorang melaporkan seorang pria kepada otoritas bandara dan mengatakan kepada mereka bahwa orang tersebut memiliki senjata dan naik pesawat. Meskipun ini adalah tuduhan palsu oleh pacar baru dari mantan kekasihnya, ia masih ditangkap dan ditahan untuk beberapa jam.

Coba anda bayangkan, jika ada orang yang ingin berniat jahat ke pemilik tiket pesawat tersebut, hal itu bisa dilakukan dengan mudah.

Rawan dijadikan alat kejahatan

Sekali lagi boarding pass menyajikan detail informasi penerbangan penumpang. Atas informasi itu, bisa saja muncul orang jahat yang sengaja menghubungi anda dan berpura-pura mengaku sebagai pihak maskapai penerbangan lalu mengatakan bahwa pesawat yang akan anda tumpangi sedang ditunda jadwal keberangkatannya. Hal ini akan mengakibatkan anda akan ketinggalan pesawat. Padahal si pelaku telah meminta pihak maskapai untuk mencetak ulang tiket pesawat tersebut kemudian dijual lagi ataupun digunakan oleh si pelaku untuk bepergian.

Atau informasi tsb. bisa dipergunakan oleh Penjahat yg mengincar Rumah Anda utk merampok karena tahu Anda tidak dirumah, bisa ber pura2 sbg Petugas dari penerbangan atau ber pura2 kawan dari Kantor dll.

Intinya adalah Jangna posting Ticket Penerbangan Anda di Media Sosial, Anda dapat posting boarding pass ke social media, tapi pastikan nomor tiket penerbangan, catatan locator dan informasi Anda yang dapat diidentifikasi jangan dimasukkan kedalam gambar atau dicoret sehingga tidak terbaca.

Note: Gambar boarding pass yang ada di artikel ini hanya contoh. Segala informasi penting didalamnya sudah dihilangkan/ditutup untuk keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *