10 Wisata Kuliner Padang Panjang yang Murah & Enak

Kota Padang Panjang tak hanya menyimpan keindahan alam nan mempesona. Kota dengan julukan Serambi Mekkah ini memiliki hidangan kuliner enak yang patut Anda coba.

Berkunjung ke Sumatera Barat belum lengkap rasanya bila tak singgah ke kota Padang Panjang. Kota terkecil di provinsi bagian barat pulau Sumatera tersebut menyebutnya sebagai kota yang dingin.

Mengapa demikian? Karena letaknya berada di ketinggian antar 650 hingga 850 mdpl.

Selain itu, kota ini juga berada diantara pegunungan sehingga memiliki hawa yang sejuk serta asri.

Kota ini merupakan kota yang berada di jalur yang ramai wisatawan. Ia berada di jalur penghubung antara kota penting seperti Solok, Payakumbuh, Batusangkar dan Bukittinggi. Maka tak heran jika kota kecil ini sering dijadikan tempat singgah atau hanya sekadar mengisi perut.

Perlu diketahui bahwa Kota Padang Panjang mempunyai beragam wisata kuliner legendaris yang enggan dilewatkan bagi wisatawan berkunjung ke sana.

Hidangan berat, camilan ringan hingga minuman hangat siap memanjakan perut penikmatnya. Oleh sebab itu, sempatkan mencicipi kudapan-kudapan menarik ketika mengunjungi Panjang Pandang.

Daftar Isi Artikel
1. Rumah Makan Aie Badarun

Bertandang ke Padang Panjang tak lengkap rasanya jika tak mampir ke Rumah Makan Aie Badarun. Rumah makan legendaris ini menyediakan berbagai macam jenis hidangan khas padang yang super lezat.

Menu dendeng balado merupakan makanan favorit yang kerap dipesan oleh wisatawan. Potongan daging sapi dibalut dengan bumbu balado yang meresap membuat siapa saja sulit untuk melonaknya.

Tak hanya dendeng balado, Rumah Makan Aide Badarun juga menyediakan hidangan khas Sumatera Barat yang memanjakan lidah.

Beberapa menu yang siap memanjakan lidah wisatawan diantaranya yaitu belut balado atau balado baluik, gulai pensi, gulai pensi, pical padang, palai telur ikan. telur dadar khas padang, bubur kampiun dan masih banyak lagi.

Rumah makan yang terletak di Aige Anggek, Padang Panjang-Bukittinggi ini tak pernah sepi sebab di sini menyediakan menu yang jarang sekali ditemui yaitu sambalado canguak.

Hidangan tersebut terbuat dari air tajin yang dimasak bersama cabai, bawang merah, tomat daun bawang dan tambahan udang.

Lokasi: Jl. Teladan, Balai-Balai, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.
2. Rumah Makan Ikan Bakar Indah Raso
Rumah Makan Ikan Bakar Indah Raso
Image Credit: Google Maps (Doni Mirawandi)

Salah satu wisata kuliner yang wajib dikunjungi ketika berada di Padang Panjang adalah Rumah Makan Ikan Bakar Indah Raso. Rumah makan tersebut menyajikan hidangan berbagai macam ikan,ayam dan seafood yang super lezat. Sajian berbagai menu tersebut didampingi dengan sambal pedasnya yang menjadi primadona.
BACA JUGA: 10 Restoran & Tempat Makan di Sijunjung yang Paling Enak

Selain berbagai macam olahan yang dibakar, rumah makan ini juga menyediakan gulai jengkol yang tak kalah sedap. Rumah makan yang terletak di Balai-Balai, Kota Padang Panjang ini seakan tak pernah sepi sebab harga setiap menunya cukup bersahabat.

Lokasi: Balai-Balai, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.
3. Restoran Gumarang
Restoran Gumarang
Image Credit: Google Maps (Tri Indah)

Restoran Gumarang merupakan wisata kuliner yang tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Padang Panjang. Sajian khas Minang mewarnai menu-menu di restoran ini, namun hidangan favorit yang patut dicoba yaitu teh taluah dan ampiang dadiah. Teh talulah yakni teh kental yang dicampur telur dan susu, sedangkan ampiang dadiah terbuat dari beras ketan merah dan susu kerbau yang difermentasikan.

Menu favorit lainnya yaitu mie khas Minang yang mengenyangkan. Siraman kuah kental berbumbu khas minang dipadukan dengan mie kuning lebar yang menggoda. Lokasinya yang terletak di jantung Pasar baru, Padang Panjang membuat restoran ini selalu ramai.

Lokasi: Jl. Siti Manggopoh, Kp. Manggis, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.
4. Bakso Amin
Image Credit: Google Maps (Adhe Oksi Synerprof)

Jika merindukan rasa bakso ketika berada di padang Panjang, cobalah untuk mampir di Bakso Amin. Warung ini menyajikan bakso urat asli dari daging sapi. Uniknya bakso ini menggunakan iga sapi sebagai campuran kuahnya, sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dengan bakso lainnya.

Bakso yang terletak di Silaing Bawah, Padang Panjang Kota ini menjadi kuliner yang wajib dicoba. Sebab selain menyajikan rasa bakso yang super lezat harga yang ditawarkanpun sangat terjangkau, tak heran jika warung ini tak pernah sepi pembeli.

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang
5. Lesehan Bambu Pajok
Image Credit: Google Maps (Umi Nada)

Rumah makan yang terketak di Silaing Atas, Padang panjang ini menyajikan menu makanan rumahan khas Minang. Sesuai dengan namanya, untuk menikmatinya wisatawan bisa lesehan makan bersama keluarga. Bangunan rumah makan ini didominasi oleh bambu sehingga nampak hangat di tengah dinginnya Padang Panjang. Harga yang terjangkau juga menjadi daya tarik rumah makan ini.

Berbagai menu menarik yang siap memanjakan lidah diantaranya yaitu terong ikan asin balado merah,ayam kampu lado, kerupuk jengkol, telor dadar padang dan menu lezat lainnya. Suasana Padang Panjang yang sejuk sangat cocok menikmati berbagai hidangan di tempat ini.
BACA JUGA: 10 Wisata Kuliner di Batam yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. RPH Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.
6. RM dan Restoran Pak Datuk
RM dan Restoran Pak Datuk
Image Credit: Google Maps (yull hartono)

Rumah makan ini menyediakan paket komplit. Mulai dari hidangannya yang lezat, pelayanan yang ramah hingga pilihan tempat makan yang bebas dipilih baik dengan kursi atau lesehan. Cita rasa makanan di rumah makan ini tak perlu diragukan lagi sebab bumbu masakannya turun temurun.

Adapun menu favorit di rumah makan ini yaitu redang, gulai tunjang, soto padang, ikan bilis, ikan rinuak dan menu masakan khas Minang lainnya. Rumah makan ini sangat strategis sehingga mudah untuk ditemukan yaitu berada di Silaing bawah, Kota Padang Panjang.

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.
7. Paragede Jaguang
Paragede Jaguang
Image Credit: Cookpad.com

Berbeda dengan jenis wisata kuliner lainnya yang memiliki tempat khusus, paragede Jaguang atau perkedel jagung ini biasanya ditemukan di pasar tradisional atau di jalan raya. Tak perlu khawatir jika tak bisa ke pasar tradisional sebab kini banyak penjual yang menjajakan camilan ini di kawasan rest area Lembah Anai.

Makanan ini sangat cocok dengan suasana Padang panjang yang sejuk, sebab makanan ini selalu dihidangkan ketika masih hangat. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikannya pendamping ketika meregangkan otot di rest area.

Lokasi: Pasar tradisional, Kota Padang Panjang.
8. Sate Mak Syukur
Sate Mak Syukur
Image Credit: Google Maps (Kenny Ghalib)

Wisata kuliner satu ini sangat populer di Padang Panjang. Ibarat kata belum ke Padang Panjang jika tak mencicipi lezatnya sate mak syukur ini. Tempat ini terkenal dengan sate dareknya yang merupakan sate khas Padang Panjang. Kuah sate darek ini berwarna kuning dan bercita agak pedas dan gurih. Warung sate legendaris ini telah berdiri sejak tahun 1941, maka tak heran jika tempat ini selalu antre pembeli.

Sate di tempat ini menggunakan bahan pilihan yaitu bagian punuk sapi. Bukan tanpa alasan karena daging bagian punuk memiliki sedikit lemak namun bertekstur kenyal. Sebelum dibakar, daging direbus terlebih dahulu kemudian kuah rebusan tersebut dijadikan sebagai bumbu yang disiram ke sate. Keunikan itulah yang membuat warung di Silaing Bawah, Kota Padang Panjang ini memiliki banyak peminat.

Tak hanya menyediakan sate darek, warung ini juga menyediakan sate dari beberapa bagian yang lain. Diantaranya menu sate jantung, sate lidah, satu jatung dan pilihan sate lainnya. Untuk menikmati gurih dan kentalnya seporsi sate yang disajikan dengan lontong tersebut harga setiap porsinya mulai Rp 11.000.
BACA JUGA: 10 Wisata Kuliner di Batubara yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No. 250, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.
9. Pondok Lamang & Kawa Daun Pak Pangeran
Pondok Lamang & Kawa Daun Pak Pangeran
Image Credit: Google Maps (Aldi Sirath)

Bersantai dan berkumpul bersama keluarga paling cocok dihabiskan di Pondok Lamang dan Kawa Daun Pak Pangeran. Tempat ini menyajikan lamang dan kopi kawa daun yang merupakan kudapan khas Padang Panjang.

Lamang merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan, santan kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar di dalam bambu. Sedangkan Kawa daun merupakan kopi khas Padang Panjang yang terbuat dari daun kopi asli daerah tersebut yang dikeringkan. Uniknya kopi ini dari tempat menyeduhnya yaitu di kuali yang terbuat dari tanah liat serta dipanaskan dengan cara yang tradisional.

Di rumah makan yang berada di Aie Angek, kecamatan Sepuluh Koto inipun menyediakan berbagai varian menu lain seperti tape ketan hitam dan durian yang cocok melengkapi Kopi Kawa Daun. Untuk segelas Kawa Daun harga yang dibanderol antara Rp 5.000 hingga Rp,7.000. Sedangkan seporsi lemang Rp 30.000 dan durian Rp35.000.

Lokasi: Jl. Raya Padang Panjang – Bukittinggi No.KM. 8, Aie Angek, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar.
10. Ampera Tanpa Nama
Ampera Tanpa Nama
Image Credit: Google Maps (Benny Afrianto)

Warung makan di balai-Balai, Kota Padang Panjang ini menyajikan menu masakan rumahan dengan rasa bumbu yang tak terlalu kuat sehingga lebih enak untuk dinikmati. Warung makan Ampera Tanpa Nama ini hanya bisa dijumpai di malam hari karena ia baru dibuka ketika pukul 17.00.

Menu yang disajikan sangatlah beragam dan lengkap. Namun menu yang menjadi andalan yaitu nasi padang. Uniknya nasi padang yang dibungkus memiliki isi yang banyak bahkan dua kali lipat jika dibandingkan dengan porsi ketika makan di tempat. Oleh karena itu, sempatkan untuk menikmati malam Padang Panjang beserta menu yang ada di tempat makan ini. Warung ini selalu ramai dan tak pernah sepi penggemar oleh sebab itu siap-siap untuk antre.

Lokasi: Jl. Mr. Assa’at, Balai-Balai, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

Itulah deretan tempat wisata kuliner favorit di Padang Panjang yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi perut Anda. Berwisata tak hanya mengunjungi tempat-tempat indah namun juga mengunjungi rumah makan yang menyediakan makanan khas daerah yang jarang ditemukan di tempat lain. Oleh karena itu, melewatkan kuliner yang beraneka ragam tersebut sangat sayang jika tidak dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *